Kamis, 13 Oktober 2016

Wisata Cinta Lingkungan ke Pangalengan

VIDEO WISATA DAN TINJAU PERTANIAN ORGANIK DI KEDIAMAN PAK HARRIS BUNYAMIN PANGALENGAN , KABUPATEN BANDUNG  TAHUN 2016




Pangalengan , terkenal dengan kebun teh dan keindahan alamnya. PKK RW 01 Metro, Kelurahan Manjahlega, Kecamatan Rancasari,  Kota Bandung.

Ini catatan sedikit , tentang pengalaman kami,  pernah berkunjung ke Pangalengan. Ke kebun organik sayuran dan pembuatan pupuk kascing Bapak Haris Bunyamin.

Dengan menyewa kendaraan L300, kami berangkat subuh dari Bandung. Sampai di sana saat matahari hangat , tidak terlalu panas. Wuuu, jalan berkelok, melewati bebukitan, hutan, sawah , sungai dan kebun-kebun.

Sampai juga kami di kediaman Pak Harris Bunyamin, yang juga berfungsi sebagai penginapan. Di belakang ada aneka tanaman  yang dikelola secara organik, tanpa pestisida, tanpa pupuk kimia. 

Duduk di teras  yang ada di belakang taman. Hmmmm Di meja tersuguh  aroma gula aren dan pandan. 

Saat datang kami mendapat suguhan kolak  labu parang kuning yang legit dan hangat. Langsung saja kami menyeruput kuah kolek  yang harum itu. 

 Tak lama kemudian setelah kami menyeruput hangatnya teh asili Pangalengan, datang lagi hidangan spesial.  Singkong meletus. Singkong yang direbus, diberi bumbu bawang outih dan garam, lalu digoreng,  dan rasanya renyah. 

Sudah ya ,  sarapannya. Tak lama kemudian kami  diajak melewati sebuah gerbang belakang taman. Nah , kami menuruni bukit kecil. 

Selanjutnya kami diajak untuk tea walk ke perkebunan teh yang kaya oksigen dan  hawa bersih. Dalam matahari pagi yang mengesankan.

Tubuh berasa segar, olahraga di pegunungan. Sambil mengistirahatkan mata dengan hamparan hijau.

Tapi nanti dulu, kita melewati sebuah tempat nih. Tempat pembuatan pupuk yang memanfaatkan cacing  dan kotoran sapi juga menjadi pelajaran yang berharga.




  
Jalan Kaki di Pangalengan. kebun-kebun sayuran dan teh



Pangalengan, sejuk dan hijau

Jalan kaki mendajki bukit , yang dikitari kebun-kebun sayuran, menyehatkan

Sejauh mata memandang, kebun teh, kebun sayur....

Serunya jalan kaki bareng  



Selanjutnya pembenihan dan pembudidayaan tanaman dengan cara organik yang bebas pestisida  dan pupuk kimia kami pelajari juga. Salah satu cara untuk mengusir hama, misalkan tikur, bisa dengan kulit telur yang diremuk kasar tebarkan dekat tanaman. Lalu air larutan cabai juga bisa membantu. Mencegah hama seharusnya tidak dengan zat atau cairan yang membahayakan manusia.

Botol-botol bekas bisa digunakan untuk pot menanam sayuran. Menanam sayuran di rumah sendiri  relatif lebih aman, karena kitalah yang bisa menghindari penggunaan pestisida berbahaya itu.


Cara bertanam yang menyehatkan 


Pangalengan ....hijau dan indah

Pupuk bekas cacing, pupuk organik tanpa zat kimia

Meninjau tempat pembuatan pupuk organik, kompos dan pupuk kascing

Berpose sejenak di Pangalengan

Olahraga sambil rekreasi , di Pangalengan, Kabupaten Bandung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
Menulis, agar Mengalirkan Berjuta Manfaat, seperti mata air kehidupan... bermuara di samudera amal kebajikan... semoga manfaat