Senin, 06 April 2015

KOMUNITAS SEHAT BERSAHABAT, METRO , Wisata Waduk Cirata, SEMANGAT USIA JELITA DAN ALITA

Waduk Cirata,
Travelling : to Waduk Cirata West Java, the beautiful place in Purwakarta, West Java, Indonesia

Pagi ini , Senin 6 April 2015.
Musim dan cuaca masih tak jelas, Musim hujan ataukah musim  kemarau. Akibat Global Warming, planet bumi secara keseluruhan mengalami  anomali musim dan cuaca. Semoga hari ini tidak hujan.
awan CN , di musimkemarau

BTw, tidak  mengapa. Bukan halangan  ketika Komunitas  sehat bersahabat , membuat rencana dadakan untuk wisata ke Waduk Cirata. Ibu Etty yang guru  bahasa Inggris dan wali kelas sebuah SMAN di Cimahi hari ini libur. Duh,  salut Ibu Etty , 'jagoan' mengemudikan mobil, melintasi panjangnya jalan Soekarno Hatta dan garangnya  truk trailer , melintasi jalan tol  menuju Padalarang. 
jalan menuju Waduk Cirata. Ibu Etty menyetir  , sepanjang jalan penuh senyum , tawa dan  canda. Refreshing.

Belum lagi naik turun jalan berliku  curam dan menurun, menuju bendungan di kawasan Cipeundeuy. BTW, kami  sempat blusukan ke jalan tikus perkampungan. Waaaaw, banyak pohon rambutan. Kiri kanan jalan, rambutan merah  ranum..... 

Aduh, semoga mobil Bu Etty  tetap  kokoh ya. Seharusnya mobil jeep saya yang 4 wd yang dipakai. Tapi kalau pakai mobil jeep,  khawatir juga ibu-ibu tidak nyaman. Kalau orang Sunda bilang, nyeri awak ah..... 
Mobil Ibu Etty menuju tempat makan siang  , kuliner khas Sunda, lezat, murah meriah. Bendungan Cirata. 

Lima  orang ibu  dengan usia Alita (atas lima puluh tahun)  dan seorang usia Jelita (jelang lima puluh tahun), sehabis senam di pelataran masjid RW/kompleks  bergabung di sini. Mobil Avanza putih milik Ibu Etty , dan pengemudi hebatnya ibu Etty sendiri, akhirnya melabuhkan kami di tepi bendungan. (Hatus nuhun pisan Bu Etty, this is a nice trip , one of most beautiful  place ini West Java  ) Meski sempat melewati jalan renjul sedikit ketika sudah masuk ke kawasan kuliner .
Travelling :     Bendungan Cirata, West Java 

Jalan menuju bendungan menyambut kami dengan aneka jenis buah-buahan. Perkebunan  di kiri kanan jalan begitu apik dan teratur. Setiap pohon diberi judul alias keterangan. Bendungan yang berlokasi antara lain  Desa Cipeundeuy , Cikalong Wetan, ( Kab Purwakarta ) ini  membentang luas. 
bendungan Cirata. West Java. Indonesia 

Kami memilih lokasi dekat masjid. Karena waktu kami tak banyak. Setelah  shalat lohor di masjid, tak sabar ingin menikmati  kuliner  tradisional ala Sunda. Suasananya  betul-betul khas Jawa Barat tempo dulu. Warung makannya berupa  bangunan semi permanen  khas Sunda tempo dulu. Atapnya  genteng tanah liat,  lantainya dari kayu dan bambu serta berlapis tikar dan  anyaman.  Dinding dari bilik bambu..... Sempurna  suasana pedesaan yang selalu kami rindukan.


Kami memesan ikan bakar. Sambalnya sambal kecap. Nah, ini dia yang teristimewa, nasi liwet. Nasi liwet adalah  hidangan kesohor dari  Cikalong Wetan ini. Plus sambal dan lalab. Tapi ibu Yuyu  membawa coet dan mutu, juga leunca, serta ibu Yasmin membawa bahan sambal . 



Ibu Yasmin mengulek bumbu, kami makan karedok leunca........... pakai nasi liwet. 



Piringnya jumbo... hmh. Tapi baca doa dulu sambil bersyukur kepada Allah SWT, atas makan siang yang nikmat ini. Di tengah suasana pedesaan yang bersih menyegarkan. Di tepian Waduk Cirata yang mengesankan. Di hamparan ciptaanNya yang Maha Indah ini, alam hijau, air membiru, dan flora fauna dengan pesonanya.
WADUK / BENDUNGAN CIRATA, wisata kuliner, nasi liwet, ikan nila bakar, lalaban dan sambal segar langsung dari alam. Piringnya jumbo.... Nasi liwetnya lezaaaat,  bikin karedok leunca (bawa cobek dan bahan sendiri).  Alhamdulillah. 

Air kelapa muda yang segar  dari buah yang baru dipetik, lalaban juga langsung dipetik dari sekitarnya. Ada kebun singkong, randamidang, kebun kacang dan segala palawija. Ikanpun masih segar langsung diambil dari  air bendungan (keramba). 
Hanya dengan Rp 140.000,- kami berenam menikmati makan siang yang  Alhamdulillah , sangat nikmat. Ikan bakarnya lezat , dan segar  sekali. 
Kami tidak sempat naik perahu, waktunya sempit.  Bu Mer  harus segera pulang.... (Karena kunci rumah terbawa..hehehe)

Alhamdulillah , wisata yang menyegarkan, memberikan banyak inspirasi dan  kegembiraan, serta rasa syukur mendalam... Betapa Sang Maha Pencipta telah memberikan  manusia dengan nikmat tak terkira, alam tropis  dengan kelengkapan flora, fauna serta sumber pangan bagi kita semua. Dan dari air sungai yang mengalir, bendungan yang dibuat,  enerji listrik menerangi  rumah kita, dan mendukung peralatan tekonologi bagi kita semua. 
wisata BENDUNGAN CIRATA, JAWA BARAT, INDONESIA


Banyak yang dapat kita renungi dari alam. Menjaganya, dengan hemat enerji, menjaga kebersihan lingkungan, dan melestarikan hutan, menanam pohon, menjaga lahan resapan air, menjaga sungai, mengelola sampah....... Karena semua hanyalah amanah dariNya. Semoga  kita  menjadi mahluk yang diridhoiNya.. 


ditulis oleh POKTAN  PENDIDIKAN , PKK RW 01 METRO, PERUMAHAN Metro Soekarno Hatta Estate (Margahayu Raya) , kelurahan MANJAHLEGA. kecamatan RANCASARI, Kota Bandung. BANDUNG TIMUR




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Mengenai Saya

Foto saya
Menulis, agar Mengalirkan Berjuta Manfaat, seperti mata air kehidupan... bermuara di samudera amal kebajikan... semoga manfaat